MERID MERID MERID



Bismillah
curhat lagi huhuu
gak berasa udah di penghujung bulan Agustus, di penghujung tahun 2017
tahun baru lagi deh, umur baru lagi (yang hakikatnya berkurangjatah hidup 1 tahun) dan dengan problema baru tentunya..

siap-siap bakalan sering menemukan informasi lebih kepada notifikasi yang bertebaran di sosmed, dududuh
kalau kamu seumuran aku, u know what i mean..
ya apalagi lw bukan serangan undangan merid yang berjejer ngantri

Entah itu kaka tingkat, adek tingkat atau teman sekelas, sebaya, teman kecil, tetangga disanahlah disonohlah semua ribut ..merid.. merid.. merid..
umuran segini emang rawan banget buat masalah yang udah krusial gini. Bahkan bakalan terus di perbincangkan/ diperdengarkan nyampe jangka waktu 5-7 tahun kedepan, bakalan selalu dipenuhi dengan pernyataan kapan nikah, sudah ada calon belum dan bla bla bla bla..

aku yakin setelah siklus “merid.. merid.. merid..” ini terlewati bakalan memasuki periode baru dengan pertanyaan baru juga, eng ing eng...
kapan pnya anak..?? 
sudah berpa anaknya..??
udah punya rumah..? 
dimana..??  berapa & bla bla bla bla bla, terus gitu nyampe akhirnya keluar pertanyaan yang paling seram, pertanyaan penghujung, penutup atas pertanyaan-pertanyaan terdahulu..

kapan mati...? 
udah booking tempat..?? 
atau kok gak mati-mati sih..???

ya namanya juga hidup, penuh dengan pertanyaan ada yang bisa dijawab ada yang dijawabnya dengan tindakan ada juga yang cuma melempar senyum getir.. haa

ok kali ini aku mau bahas siklus yang lagi aku hadapi
siklus “merid... merid... merid..”
perlu banget penjelasan tentang hal ini dan pelu banget dianalisis baik buruknya yang sekali lagi itu tergantung dari pendapat masing-masing gimana cara menghadapi dan menyikapi siklus ini, sekali lagi ini hanya berdasarkan pendapat pribadi aku tanpa bermaksud menjudge orang lain, yang kalau kalian gak sukah, terserah toh aku juga gak merugikan kalian..

gak tau kenapa tiba-tiba aku sama sekali gak memikirkan hal ini, gak mengkhawatirkannya dan gak punya rencana kesini (sebenarnya hal yang aku khawatirkan itu kenapa aku gak khawatir ya, biasa aja santai tenang –tenang aja, ada hal yang lebih penting yang mesti aku gapai bukan merid merid merid). 
Berbeda dengan beberapa teman ku, gak cuma teman bisa jadi semua orang yang seumuran dengan aku yang kalau ngomongnya selalu "merdi... merid... merid" ada juga yang bereaksi kayak kebakaran jenggot  "jodoh oh jodoh", atau ada juga yang suka mancing mancing biar masuk kepembahasan ini, pokoknya intinya sama aja ya, tentang  "merid... merid... merid"

aku kaya suka menerka nerka sendiri jangan jangan  mungkin aku gak normal kali ya, hmmm gak juga sih aku masih merasakan degub deg deg ser kalau dekat sama si doi, atau bisa jadi karena aku orang yang ingin tampil beda, gak pernah mau disamain dengan kehidupan orang lain, jadi misalnya orang pada sibuk merid... marid... marid atau jodoh oh jodoh, aku dengan anehnya (nyadar) teriak "singel.. singel.. singel" atau "gadis tua.. gadis tua.. gadis tua"
hore go go go    (ekstem banget ya)
tapi serius deh terkadang hal ini suka bikin aku berfikir sok kritis..
toh apa salahnya sih kalau kita memilih hidup sendiri, untuk menikmati kedamaian, ketengan, me timean sama Allah swt, jauh dari hingar bingar permasalahan rumah tangga yang kata nya bakalan selalu ada aja masalah muncul, entah itu dari pribadi masing masing (suami-istri) entah itu dari mertua, ipar, anak, keuangan banyak macamnya deh problema rumah tangga yang gak bakalan pernah habis, terus ada bermunculan satu demi satu.

Istilah atau konotasi “gadis tua” seolah jelek banget dimata orang orang kebanyakan, sering dijadikan contoh “tidak baik”. 
Guys “tidak baiknya” si “gadis tua” itu dimana coba, mereka gak merugikan siapa siapa dan gak melakukan tindakan kriminal apapun. Apa karena mereka gak laku.

Say gini ya kita ini manusia bukan barang dagangan yang di perjual belikan yang kalau gak laku kayak dianggap punya kualitas jelek yang pantas di buang ketempat sampah  atau yang harus di letakan di gudang bertahun-tahun, tak tersentuh, berdebu dan dilupakan. 

Kita ini manusia normal yang dalam artian wanita baik-baik yang memegah teguh norma-norma islami, buka seorang Pe ****r yang selalu mempromosikan dirinya sehingga harus  di “grab it past” yang kalau gak ada yang mau dibilang gak laku. 

Emang semua cewek mau disamain dengan mereka yang memilih melakukan pekerjaan hina begitu (entah itu terpaksa atau emang passionnya).
Lantas kenapa kebanyakan dari kita ciwik ciwik ini gak mau mengakuinya “munafik”, dimulut bilang enggak  bahkan ada yang nyampe sakit hati mencaci maki, tapi coba lihat kelakuan kita menunjukan begitu (promosi dengan cara mengumbar-umbar). kalau mau dianalisis lagi kata PE****R itu tidak hanya menjual diri/ kesucian seorang wanita tapi  lebih kepada memancing si kumbang. Lah bukan kah dengan kita berhias menampilkan lekuk lekuk tubuh dan mengibas rambut sana sini sama saja dengan mengundang lalu apa bedanya kita dengan si “mereka”. Sama-sama menjual kan..

Balik lagi kepada konotasi “gadis tua” yang dipandang jelek. Menurut aku bukan karena mereka jelek atau punya kualitas buruk sehingga  gadis tua  sering disebut dengan konotasi negatif enggak coy, mungkin sebagian iya tapi sebagian yang lain emang ada alasannya kenapa mereka tetap memilih hidup sendiri. 
Kayak misalnya aku. Aku gak menampikan kalau kalau gak jarang juga ditanyain kapan nikah..?
target umur berapa...?
udah punya calon belum..?
atau apalah apalah. 

Jujur aku jawabnya gak punya atau belum kepikiran mau kesana atau enggak sama sekali.. 
"iihh jangan gitu emang mau jadi gadis tua..??"
"lah gadis tua emang kenapa..?" 
"iihh aneh banget sih, emang mau hidup sendirian..??"

Guys gini ya,  pertama untuk hidup aku  pribadi yang sepenuhnya dihabiskan dengan sendirian (tanpa pasangan) itu udah fine biasa aja, aku bersyukur sampai saat ini aku kayak ngerasa masih jadi anak yang polos, dalam artian aku sama sekali gak kepikiran kalau sendirian itu masuk kedalam konotasi jelek, sama sekali gak kepikiran kalau aku sendirian itu karena aku gak baik, ENGGAK (efek terlalu over  mencintai diri sendiri, haaa).

Atau pura-pura bahagia dengan kesendirian ini, coy aku bahagia gini enggak lagi akting bahagia,  nanti aku paparin satu demi satu alasaanya ya biar kalian bisa ngerti kemana alur pikiran aku.   kok nyolot sih, haa

"belum pernah nyoba betapa asiknya hidup punya pasangan nih orang, berbagi masalah dan menikmati hari bersma"..

mungkin gitu pendapat kalian tapi lagi aku bilang mungkin bisa jadi karena aku belum pernah mencoba, tapi aku lebih tau diri aku dibandingkan kalian atau oang-orang luar sana yang hanya bisa melihat kulit epinya nya aja..

So gini, alasan pertama yang gak lantas menjadi alasan utama  ini cuma angin lalu aja sih tapi kayak sebagai pendukung untuk memperkuat niatan hidup sendiri (gadis tua).   pernah suatu masa aku jatuh cinta (bahasanya sekarang uudah ke CINTA niya bukan SUKA lagi, mungkin kalau tulisan ini aku tulis beberapa tahun lalu aku masih bilang kalau aku SUKA doi, tapi sekarang udah berkembang menjadi CINTA, why.. ? of course now i feel like im realy fall in love with him, cz sekang aku kayak udah merelakan dia seikhlas ikhlasnya buat menemukan seseorang yang lebih baik, serius gak boong, pengen deh kalau dia nanti suatu hari bisa menemukan cewek baik dan hidup bahagia, aku disini juga bahagia kok.. ah lebay lo... iaya emang

Back to  suatu masa aku pernah  jatuh cinta  sama seseorang dan aku mencoba mulai membuka hati untuk ngajak si doi ini  masuk kedalam kehidupan aku, sumpah demi apa gak nyaman banget mungkin karena aku gak pernah ngalami hal ini, atau karena aku terlalu banyak mikir jadinya rumit sendiri atau bisa jadi juga  karena aku punya masalah sama si “lelaki” (yang dalam pikiran aku gak aku sih emang seharusnya gitu si “lelaki” ini tercipta dengan kodrat punya caranya sendiri dalam menjalani hidup ya u know kan lw cewek itu hidupnya lebih dominan pake hati dan cowok lebih kepada logika na itu gak cocok sama aku, ngapainkan aku mesti ngorbani hati aku, everyday). 
Tapi wait untuk lelaki yang aku pernah cintai dulu mungkin gak termasuk kedalam sesosok lelaki yang pada umumnya, cz he is so soft,  dia baik banget, i know i know semua laki-laki baik kalau ada maunya..
Tapi guys, aku gak pernah salah nilai orang dan aku gak sebulan dua bulan kenal dia.  si dia ini baik dalam artian ya baik. Atau gini deh kalau kalian pecinta Korea entah itu musik, drama atau filmnya kalian pasti kenal yang namanya Park Bo Goem, kalian juga tau kan gimana sweet dan baiknya PBG yang sampe sampe di negaranya sana para netijen jadiin dia pacar nasional, kenapa...??? karna dia baik, baiknya tulus, na  gitu juga si doi ini baiknya tulus, terpancar kali woy dari dirinya mana yang baik palsu dan mana yang baik nya emang tulus..

elah kalau gitu ngapain dilepas, ngapain gak punya cita-cita membina rumah tangga sama si lelaki baik ini, justru itu men kebaikan dia itu over, aha 
jujur nih orang baik nya udah gak ketulungan lagi, sampe kesemua orang dia baik, (lah emang seharusnya gitu kan) maksudnya  kadar baiknya udah gak normal, aku kadang susah ngebedain antara perhatiannyanya dia sama orang or teman dia dengan perhatiaannya  sama aku, awal awal ya aku senang sama perhatiaannya, baiknya dia. 
Lama kelamaan setelah di perhatikan,  damn man,  ternyata dia baiknya gak sama aku aja bok, perhatiaanya gitu ternyata kesemua orang, udah geer geer di perhatiin eh malah gak ke aku doang, haa

Henny itu namanya kamu cemburu, dan
Henny kok kamu malah curcol, haa
of course its my private blog emang senagja buat curhat, ahaaa fucking

Yeah i know, aku akui itu, tapi dibalik itu semua aku jadi mengerti sesuatu, bahwa salah satu alasan beberapa cewek memutuskan hubungan dengan pasangaanya karena dia terlalu baik, its true for me maksudnya ya aku stess lah, bukan karena dia baik kesumua orang, tapi  aku stress dia benaran orang  baik sedangkan aku gak sebaik itu loh  kadang lebih sering aku itu berada pada keadaan yang gak baik, misal, egois, childish, gak sabaran, suka marah-marah gak jelas..  
nah kasian kan kalau sih doi ini harus menderita gara-gara sifat aku yang labil banget waktu itu.. (anyway, dalam islam emang gak dibenarkan BERPACARAN). jadi aku harus berbesar hati melepaskan dia, harus merelakan hati kalau dia itu terlalu baik buat aku dan  dengan harapan di masa depan dia bisa menemukan sesosok yang lebih baik dari aku yang kadar kebaikannya sebangding dengan die, uuuuhh

Serius gak menyesal nih melepaskan orang sebaik dia..??
Aku lebih menyesal lagi kalau dia harus bersma orang  yang gak baik dan hidup menderita..   LOL..LOL

That why kenapa aku berusaha untuk gak dekat sama siapapun, kenal ya sekedarnya aja  untuk menhindari supaya aku gak jatuh cinta lagi, jatuh cinta itu susah bok, hal yang paling gak nyaman karena kalau udh jatuh cinta terkadang  kita harus berbesaar hati  merelakan dia pergi untuk kebahagiaanya dan  disisi lain aku gak mau melepaskan, aku gak mau menyesal,  aku juga gak mau ketemu kamu lagi karna aku takut hati aku kembali bergemuruh sebab rasa ini tak pernah mampu ku bunuh , LALALAA

Selain itu buat aku alasan kedua karena menghindari keributan. 
Bok setelah kita menikah sisa umur ini bakalan kita habiskan bersama pasangan, bakalan mengabdi sama si suami dan mengurus anak. untuk yang memilih menikah muda hidup mereka  lebih lama dihabiskan bersama pasangaan ketimbang bareng orang tuanya. 
Hidup berdua dengan cara pikir yang berbeda, dengan memiliki ego masing masing, bullshitt banget tau gak kalau hidupnya bakalan rukuun terus aman damai tentram saling mengayomi saling sabar saling mengalah, omong kosong. 
Ya namanya berumah tangga ada aja hal hal yang diributkan, aku gak mesti jelasin detail, semua orang pasti ngertilah problema rumah tangga. 
Buat pribadi aku sendiri sering suka kesal atau marah sendiri didalam kamar kalau dengerin buaya (ibu-ayah) aku ribut, yang satu ngotot satunya gak mau ngalah, “plis deh ah kalian udah tua, nyadar gak, kalian udah mau seperempat abad menghabiskan hidup berdua, anak kalian udah gede2, gak malu sama anak, sama tetangga masih aja gak bisa saling ngalah, gak bisa saling sabar”. 
Setelah keributan mereda gak lantas masalah selesai sampai disana, rumah dilingkupi dengan kesunyian, tak saling sapa berminggu minggu. 
Raut raut wajah mereka berdua terlihat seram, brrr  kecanggungan menyeruak. Tapi ya gitu ayah aku orangnya selalu mengalah nyapa ibu aku duluan walau sering banget di kacangin sampe cari cari alasan buat memancing ibu aku ngomong lagi, haa 
suka kasian juga ngeliat ayah gini kadang saking kelewat kesal sama tingkah buaya aku pernah bilang gini “tago galak igek” (maknanya kasar banget nih lw diartikan ke bahasa indo,   dan akhirnya aku  membatin sendiri “pokoknya gak mau nikah ihh”.

Aku menghindari keributan  itu menghindari kecanggungan setelah saling teriak teriak dan menghindari sifat ibuk aku yang suka bantah suami nanti nurunnya keakuh, kacian ci cuami, aku cembetutin  (gak kebayang dosanya).  

Dan oleh sebab itu aku  memilih hidup damai, tenang, tentram jauh dari kebisingan dan menghindari memasang wajah wajah tegang  pra dan pasca ribut.  
Diluar sana bahkan banyak yang umur pernikahannya udah setengah abad lebih masih aja ribut, la gimana buat anak anak muda yang mau memulai biduk rumah tangga, haa ini merupakan jalan panjang yang gak berkesudahan. 
Sekali lagi  aku lebih baik menghindar, ya walaupun dibalik itu semua dibalik keributan keributan dalam rumah tangga yang kata ornag orang tua, bumbu bumbu kehidupan,  Allah swt menjajnjikan surga dan menawarkan banyak pahala  bagi pasangan pasangan yang bersabar dan menahan emosi  (maksudnya marah sekedar marah gak nyampe cerai). terkhusus bagi para istri yang taat sama suaminya beuhh. 
Ya udah lah ya masih banyak jalan menuju surga, gak mesti melalui jalan ini aja..

Alasan ketiga pemutus lingkaran setan.  
Ini yang paling utama yang kalau ada sedikit aja niatan untuk merid, alasan ketiga ini selalu berhasil untuk mengajak aku pikir ulang deh niatan itu.

Selama 23 tahun aku hidup di bumi nya Allah swt ini, ada beberapa hal yang aku tandai dan perhatikan kok hal ini berulang ya, dari satu generasi ke generasi berikutnya.  (aku gak tau orang lain merasakan hal gini juga gak). 

Mulai dari perkembangan nya aku dari masa remaja hingga sekarng. 
Dulu saat aku masih belum tau apa apa tentang hukum karma, gak yakin kalau karma bakalan berlaku sekecil apapun itu aku kayak semena mena, kelewatan batas, aku gak tau kenapa aku menjadi orang yang begitu jahat dulu. 
Dan sekarang aku takut banget sama karma yang satu ini, yang kalau misalnya aku merid dan punya anak, sifat buruk ini akan menurun sama anak anak aku,  aku takut  juga nanti aku gak mampu bersabar dan jadi khilaf. 

so aku mikirnya Ya udah deh lingkaran setan ini putus di aku aja. 
Aku gak boleh meneruskan ini sama keturunan keturunan aku kelak. 
Aku gak boleh memberi beban ini sama anak anak aku nanti.  Kalau aku gak menikah dan gak punya anak, semua kejadian berulang ini gak bakalan terus terjadi.

Misalnya gini ya, ibu dan nenek aku dulu punya hubungan yang gak baik mereka bahkan gak pernah banget terlihat ngobrol berdua, meski terkadang nenek aku sering ngajak ibu aku ngobrol tapi selalu diabaikan. 
Aku juga ngerti perasaan ibu aku, yang dia juga mau dekat sama nenek tapi karena kayak ada dinding tebal bernama keegoisan yang memisahkan mereka berdua sehingga ibu aku terlihat bagai mengabaikan. 
Aku bisa ngerti itu karena aku merasakan perasan ego yang sangat besar untuk aku ngobrol dan terbuka dengan ibu. Tapi karena aku ngerti ini berulang kejadiannya antar ibu dan nenek perlahan aku mulai mengikis rasa ego itu meski terkadang untuk beberapa problem aku tetap menjadi anak yang tertutup. 
Pun begitu juga kejadiannya saat adik dan aku, beberapa kali aku coba untuk memancing adik supaya kalau punya masalah jangan dipendam sendiri cerita sama aku. 
Dia juga sama menutup diri kyk ada dinidng ego yang tinggi memisahkan kita.. 

apa yang salah coba.. 
yang salah adalah kita sama sama menggenggam keegoisan itu. 
Ok fine berenti di aku ajah ya..

Aku orang yang penakut..
takut banget kalau si sifat ibu aku yang gak mau ngalah nurun ke aku, aku masih belum handal mengendalikan perasaan2 gitu, atau bisa jadi karena terlalu terlatih mengalah sehingga untuk  semua masalah aku selalu mengalah seperti wawak aku yang hanya diam mengalah gak berani melawan hanya karena terlalu over mementingkan kebahagiaan suami dan anak nya, aku juga gak mau seperti ini..


Komentar

Postingan Populer